Cari Blog Ini

Memuat...

Jumat, 08 Februari 2013

FORMAT PENILAIAN KOMPETENSI GURU



LEMBAR PERNYATAAN KOMPETENSI, INDIKATOR DAN CARA MENILAI
PK GURU KELAS / MATA PELAJARAN

Sumber :
·         Peraturan Menteri Pendidikan Nasional 16/2007 tentang standard kualifikasi akademik dan kompetensi guru
·         BSNP versi 6.0 11/2008 kerangka indicator untuk pelaporan pencapaian standard nasional pendidikan, standard kualifikasi akademik dan kompetensi guru
·         Permenegpan dan RB 16/2009 tentang jabatan fungsional guru dan angka kreditnya


kompetensi
Cara menilai
Pedagogik
  1. Menguasai karakteristik peserta didik
Pengamatan dan pemantauan
  1. Mengusai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
Pengamatan
  1. Pengembangan kurikulum
Pengamatan
  1. Kegiatan pembelajaran mendidik
Pengamatan
  1. Pengembangan potensi peserta didik
Pengamatan dan pemantauan
  1. Komunikasi dengan peserta didik
Pengamatan
  1. Penilaian dan evaluasi
Pengamatan
Kepribadian
  1. Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial dan kebudayaan nasional
Pengamatan dan pemantauan
  1. Menunjukan pribadi yang dewasa dan teladan
Pengamatan dan pemantauan
  1. Etos kerja, tanggung jawab yang tinggi rasa bangga menjadi guru
Pengamatan dan pemantauan
Sosial

  1. Bersikap inklusif, serta tidak diskriminatif
Pengamatan dan pemantauan
  1. Komunikasi dengan sesama guru, tenaga kependidikan orang tua, peserta didik, dan masyarakat.
Pengamatan
Profesional

  1. penguasaan materi, struktur, konsep, dan pola piker keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
Pengamatan
  1. Mengembangkan keprofisionalan mellui tindakan yang reflektif
Pengamatan

Keterangan :
·         Pengamatan adalah kegiatan untuk menilai kinerja guru melalui diskusi sebelum pengamatan, pengamatan selama pelaksanaan proses pembelajaran dan diskusi setelah pengamatan
·         Pemantauan adalah kegiatan untuk menilai kinerja guru melalui pemeriksaan dokumen, wawancara dengan guru yang dinilai dan atau wawancara dengan warga sekolah







Penilaian untuk kompetensi 1: menguasai karakteristik peserta didik
Indikator
skor
Tidak ada bukti (tidak terpenuhi)
Terpenuhi sebagian
Seluruhnya terpenuhi
  1. Guru dapat mengidentifikasi karakteristik belajar setiap peserta didik di kelasnya

0

1

2
  1. Guru memastikan bahwa semua peserta didik mendapatkan kesempatan yang sama untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.

0

1

2
  1. Guru dapat mengatur kelas untuk memberikan kesempatan belajar yang sama pada semua peserta didik dengan kelainan fisik dan kemampuan belajar yang berbeda.


0


1


2
  1. Guru mencoba mengetahui penyebab penyimpangan perilaku peserta didik untuk mencega agar perilaku tersebut tidak merugikan peserta didik lainnya.

0

1

2
  1. Guru membantu pengembangan potensi dan mengatasi kekurangan peserta didik.

0

1

2
  1. Guru memperhatikan peserta didik dengan kelemahan fisik tertentu agar dapat mengikuti aktivitas pembelajaran, sehingga peserta didik tersebut tidak termarginalkan (tersisihkan, diolok-olok, minder dsb.)


0


1


2
Total skor untuk kompetensi 1
(27)
Skor maksimum kompetensi 1 = jumlah indicator x 2
12                                                        (28)
Persentase = (total skor/12) x 100
(29)
Nilai untuk kompetensi I
(0% < x < 25% = 1 ; 25% < x < 50% = 2;
50% < x < 75% = 3 ; 75% < x < 100% = 4)
(30)






Penilaian untuk kompetensi 2: Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik

Indikator
skor
Tidak ada bukti (tidak terpenuhi)
Terpenuhi sebagian
Seluruhnya terpenuhi
1.       Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menguasai materi pembelajaran sesuai usia dan kemampuan belajarnya melalui pengaturan proses pembelajaran dan aktifitas yang bervariasi

0

1

2
2.       Guru selalu memastikan tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran tertentu dan menyesuaikan aktifitas pembelajaran berikutnya berdasarkan tingkat pemahaman tersebut

0

1

2
3.       Guru dapat menjelaskan alas an pelaksanaan kegiatan/aktifitas yang dilakukannya, baik yang sesuai maupun yang berbeda dengan rencana, terkait keberhasilan pembelajaran.


0


1


2
4.       Guru menggunakan berbagai teknik memotiviasi kemauan belajar peserta didik..

0

1

2
5.       Guru merencanakan  kegiatan pembelajaran yang saling terkait satu sama lain, dengan memperhatikan tujuan pembelajaran maupun proses peserta didik.

0

1

2
6.       Guru memperhatikan respon peserta didik yang belum/kurang memahami materi pembelajaran yang diajarkan dan menggunakan untuk memperbaiki rancangan pembelajaran berikutnya.


0


1


2
Total skor untuk kompetensi 2
(27)
Skor maksimum kompetensi 2 = jumlah indicator x 2
12                                                               (28)
Persentase = (total skor/12) x 100%
(29)
Nilai untuk kompetensi I
(0% < x < 25% = 1 ; 25% < x < 50% = 2;
50% < x < 75% = 3 ; 75% < x < 100% = 4)
(30)















Penilaian untuk kompetensi 3: Mengembangkan kurikulum

Indikator
skor
Tidak ada bukti (tidak terpenuhi)
Terpenuhi sebagian
Seluruhnya terpenuhi
1. Guru dapat menyusun silabus yang sesuai dengan kurikulum

0

1

2
2. Guru merancang rencana pembelajaran yang sesuai dengan silabus untuk membahas materi ajar tertentu agar peserta didik dapat mencapai kompetensi dasar yang ditetapkan

0

1

2
3. Guru mengikuti urutan materi pembelajaran dengan memperhatikan tjuan pembelajaran

0

1

2
4. Guru memilih materi pembelajaran yang a) sesuai dengan tujuan pembelajaran, b) tepat dan mutakhir, c) sesuai usia dan tingkat kemampuan belajar peserta didik, d) dapat dilaksanakan dikelas, e) sesuai dengan konteks kehidupan sehari – hari peserta didik.
0
1
2
Total skor untuk kompetensi 3
(27)
Skor maksimum kompetensi 3 = jumlah indicator x 2
8                        (28)
Persentase = (total skor/8) x 100%
(29)
Nilai untuk kompetensi I
(0% < x < 25% = 1 ; 25% < x < 50% = 2;
50% < x < 75% = 3 ; 75% < x < 100% = 4)
(30)






















Penilaian untuk kompetensi 4: Kegiatan pembelajaran yang mendidik

Indikator
Skor
Tidak ada bukti (tidak terpenuhi)
Terpenuhi sebagian
Terpenuhi seluruhnya
1.Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran sesuai dengan rancangan yang telah di susun secara lengkap dan pelaksanaan aktivitas tersebut mengindikasikan bahwa guru mengerti tentang tujuannya.
0
1
1
2.Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran yang bertujuan untuk membantu proses belajar peserta didik, bukan untuk menguji sehingga membuat peserta didik merasa tertekan.
0
1
2
3.Guru mengomunikasikan informasi baru (misalnya materi tambahan) sesuai usia dan tingkat kemampuan peserta didik.
0
1
2
4.Guru menyikapi kesalahan yang dilakukan peserta didik sebagai tahapan proses pembelajaran, bukan semata mata kesalahan yang harus dikoreksi. Misalnya: dengan mengetahui terlebih dahulu peserta didik lain yang setuju atau tidak setuju dengan jawaban tersebut, sebelum memberikan penjelasan tentang jawaban yang benar.
0
1
2
5.Guru melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai isi kurikulum dan mengkaitkannya dengan konteks kehidupan sehari-hari peserta didik.
0
1
2
6.Guru melakukan aktivitas pembelajaran secara bervariasi dengan waktu yang cukup untuk kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar dan mempertahankan perhatian peserta didik.
0
1
2
7.Guru mengelola kelas dengan efektif tanpa mendominasi atau sibuk dengan kegiatannya sendiri agar semua waktupeserta dapat termanfaatkan secara produktif.
0
1
2
8.Guru mampu menyesuaikan aktifitas pembelajaran yang dirancang dengan kondisi kelas.
0
1
2
9.Guru banyak memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya, mempraktekkan dan berinteraksi dengan peserta didik lain.
0
1
2

10. Guru mengatur pelaksanaan aktivitas pembelajaran secara sistematis untuk membantu proses belajar peserta didik. Sebagai contoh: guru menambah informasi setelah mengevaluasi pemahaman peserta didik terhadap materi sebelumnya.
0
1
2
11.Guru menggunakan alat Bantu mengajar, dan/atau audio visual (termasuk TIK) untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran
0
1
2
Total skor untuk kompetensi 4
(27)
Skor maksimum kompetensi 4 = jumlah indicator x 2
22                    (28)
Persentase = (total skor/22) x 100%
(29)










Penilaian untuk kompetensi 5: Memahami dan mengembangkan potensi

Indikator
Skor
Tidak ada bukti (tidak terpenuhi)
Terpenuhi sebagian
Seluruhnya terpenuhi
1.Guru menganalisasi hasil belajar berdasarkan segala bentuk penilaian terhadap setiap peserta didik untuk mengetahui tingkat kemajuan masing masing

0

1

2
2.Guru merancang dan melaksanakan aktivitas pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk belajar sesuai kecakapan dan pola belajar masing – masing

0

1

2
3.Guru merancang dan melaksanakan aktivitas pembelajaran untuk memunculkan daya kreatifitas dan kemampuan berfikir kritis peserta didik.


0


1


2
4. Guru secara aktif membantu peserta didik dalam proses pembelajaran dengan memberikan perhatian kepada setiap individu.

0

1

2
5.Guru dapat mengidentifikasi dengan benar tentang bakat, minat, potensi, dan kesulitan belajar masing-masing peserta didik

0

1

2
6. Guru memberikan kesempatan belajar kepada peserta didik sesuai dengan cara belajarnya masing-masing

0

1

2
7. Guru memusatkan perhatian pada interaksi dengan peserta didik dan mendorongnya untuk memahami dan menggunakan informasi yang disampaikan


0


1


2
Total skor untuk kompetensi 5
(27)
Skor maksimum kompetensi 5 = jumlah indicator x 2
12                                                                  (28)
Persentase = (total skor/14) x 100%
(29)
Nilai untuk kompetensi I
(0% < x < 25% = 1 ; 25% < x < 50% = 2;
50% < x < 75% = 3 ; 75% < x < 100% = 4)
(30)





Penilaian untuk kompetensi 6: Komunikasi dengan peserta didik

Indikator
Skor
Tidak ada bukti (tidak terpenuhi)
Terpenuhi sebagian
Seluruhnya terpenuhi
1. Guru menggunakan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman dan menjaga partisipasi peserta didik, termasuk memberikan pertanyaan terbuka yang menuntut peserta didik untuk menjawab dengan ide dan pengetahuan mereka.

0

1

2
2. Guru memberikan perhatian dan mendengarkan semua pertanyaan dan tanggapan peserta didik, tanpa menginterupsi, kecuali jika diperlukan untuk membantu atau mengklarifikasi pertanyaan/tanggapan tersebut.

0

1

2
3. Guru menanggapinya pertanyaan peserta didik secara tepat, benar, dan mutakhir, sesuai tujuan pembelajaran dan isi kurikulum, tanpa mempermalukan.


0


1


2
4. Guru menyajikan kegiatan pembelajaran yang dapat menumbuhkan kerja sama yang baik antar peserta didik.

0

1

2
5. Guru mendengarkan dan memberikan perhatian terhadap semua jawaban peserta didik baik yang benar maupun yang di anggap salah untuk mengukur tingkat pemahaman peserta didik.

0

1

2
6. Guru memberikan perhatian terhadap pertanyaan peserta didik dan meresponnya secara lengkap dan relevan untuk menghilangkan kebingungan pada peserta didik.


0


1


2
Total skor untuk kompetensi 6
(27)
Skor maksimum kompetensi 6 = jumlah indicator x 2
12                        (28)
Persentase = (total skor/12) x 100
(29)
Nilai untuk kompetensi I
(0% < x < 25% = 1 ; 25% < x < 50% = 2;
50% < x < 75% = 3 ; 75% < x < 100% = 4)
(30)









Penilaian untuk kompetensi 7: Penilaian dan Evaluasi

Indikator
Skor
Tidak ada bukti (tidak terpenuhi)
Terpenuhi sebagian
Seluruhnya terpenuhi
1. Guru menyusun alat penilaian yang sesuai dengan tujuan pembelajaran untuk mencapai kompetensi tertentu seperti yang tertulis dalam RPP

0

1

2
2. Guru melaksanakan penilaian dengan berbagai teknik dan jenis penilaian, selain penilaian formal yang dilaksanakan sekolah, dan mengumumkan hasil serta implikasinya kepada peserta didik, tentang tingkat pemahaman terhadap materi pembelajaran yang telah dan akan di pelajari.

0

1

2
3. Guru menganalisis hasil penilaian untuk mengidentifikasi topic/kompetensi dasar yang sulit sehingga di ketahui kekuatan dan kelemahan masing-masing peserta didik untuk keperluan remedial dan pengayaan.


0


1


2
4. Guru memanfaatkan masukan dari peserta didik dan merefleksikannya untuk meningkatkan pembelajaran selanjutnya, dan dapat membuktikannya melalui catatan jurnal pembelajaran, rancangan pembelajaran, materi tambahan, dan sebagainya.

0

1

2
5. Guru memanfaatkan penilaian sebagai bahan penyusunan rancangan pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.

0

1

2
Total skor untuk kompetensi 7
(27)
Skor maksimum kompetensi 7 = jumlah indicator x 2
10                         (28)
Persentase = (total skor/10) x 100%
(29)
Nilai untuk kompetensi I
(0% < x < 25% = 1 ; 25% < x < 50% = 2;
50% < x < 75% = 3 ; 75% < x < 100% = 4)
(30)








KEPRIBADIAN
Penilaian untuk kompetensi 8: Bertindak sesuai dengan norma agama, hokum social dan kebudayaan nasional Indonesia

Indikator
skor
Tidak ada bukti (tidak terpenuhi)
Terpenuhi sebagian
Seluruhnya terpenuhi
1. Guru menghargai dam mempromosikan prinsip-prinsip pancasila sebagai dasar ideology dan etikabagi semua warga Indonesia.

0

1

2
2. Guru mengembangkan kerja sama dan membina kebersamaan dengan teman sejawat tanpa memperhatikan perbedaan yang ada (isalnya: suku, agama, dan gender)

0

1

2
3. Guru saling menghormati dan menghargai teman sejawat sesuai dengan kondisi dan keberadaan masing-masing


0


1


2
4. Guru memiliki rasa persatuan dan kesatuan sebagai bangsa indonesia

0

1

2
5. Guru mempunyai pandangan yang luas tentang keberagaman bangsa Indonesia (misalnya: budaya, suku, agama)

0

1

2
Total skor untuk kompetensi 8
(27)
Skor maksimum kompetensi 8 = jumlah indicator x 2
10                       (28)
Persentase = (total skor/10) x 100
(29)
Nilai untuk kompetensi I
(0% < x < 25% = 1 ; 25% < x < 50% = 2;
50% < x < 75% = 3 ; 75% < x < 100% = 4)
(30)









Penilaian untuk kompetensi 9: menunjukan pribadi yang dewasa teladan

Indikator
Skor
Tidak ada bukti (tidak terpenuhi)
Terpenuhi sebagian
Seluruhnya terpenuhi
1.Guru bertingkahlaku sopan dalam berbicara, berpenampilan, dan berbuat terhadap semua peserta didik orang tua, dan teman sejawat.

0

1

2
2. Guru mau membagi pengalamannya dengan teman sejawat, termasuk mengundang mereka untuk mengobservasi cara mengajarnya dan memberikan masukan.

0

1

2
3. Guru mampu mengelola pembelajaran yang membuktikan bahwa guru di hormati oleh peserta didik, sehingga semua peserta didik selalu memperhatikan guru dan berpartisivasi aktif dalam proses pembelajaran.


0


1


2
4. Guru bersikap dewasa dalam menerima masukan dari peserta didik untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran.

0

1

2
5. Guru berperilaku baik untuk mencitrakan nama baik sekolah

0

1

2
Total skor untuk kompetensi 9
(27)
Skor maksimum kompetensi 9 = jumlah indicator x 2
10                       (28)
Persentase = (total skor/10) x 100%
(29)
Nilai untuk kompetensi I
(0% < x < 25% = 1 ; 25% < x < 50% = 2;
50% < x < 75% = 3 ; 75% < x < 100% = 4)
(30)



















Penilaian untuk kompetensi 10: Etos, kerja, tanggung jawab yang tinggi, dan rasa bangga menjadi guru

indikator
Skor
Tidak ada bukti (tidak terpenuhi)
Terpenuhi sebagian
Terpenuhi seluruhnya
1. Guru mengawali dan mengakhiri pembelajaran dengan tepat waktu
0
1
2
2. Jika guru harus meninggalkan kelas, guru mengaktifkan siswa dengan melakukan hal-hal produktif terkait dengan mata pelajaran, dan meminta guru piket atau guru lain untuk mengawasi kelas.
0
1
2
3. Guru memenuhi jam mengajar dan dapat melakukan semua kegiatan lain di luar jam mengajar berdasarkan ijin dan persetujuan pengelola sekolah.
0
1
2
4. Guru meminta ijin dan memberi tahu lebih awal, dengan memberikan alas an dan bukti yang sah jika tidak menghadiri kegiatan yang telah di rencanakan, termasuk proses pembelajaran di kelas.
0
1
2
5. Guru menyelesaikan semua tugas administrative dan non pembelajaran dengan tepat waktu sesuai standard yang di tetapkan.
0
1
2
6. Guru memanfaatkan waktu luang selain mengajar untuk kegiatan yang produktif terkait dengan tugasnya.
0
1
2
7. Guru memberikan kontribusi terhadap pengembangan sekolah dan mempunyai prestasi yang berdampak positif terhadap nama baik sekolah.
0
1
2
8. Guru merasa bangga dengan profesinya sebagai guru.
0
1
2
Total skor untuk kompetensi 10
(27)
Skor maksimum kompetensi 10= jumlah indicator x 2
16                                                                                        (28)
Persentase = (total skor/16) x 100%
(29)
Nilai untuk kompetensi I
(0% < x < 25% = 1 ; 25% < x < 50% = 2;
50% < x < 75% = 3 ; 75% < x < 100% = 4)
(30)





Penilaian untuk kompetensi11:  Bersikap inklusip,bertindak obyektif,serta tidak diskriminatif

Indikator
skor
Tidak ada bukti (tidak terpenuhi)
Terpenuhi sebagian
Seluruhnya terpenuhi
1.Guru memperlakukan semua peserta didik secara adil,memberikan perhatian dan bantuan sesuai kebutuhan masing-masing ,tanpa memperdulikan faktor  personal


0


1


2
2. Guru menjaga hubungan baik dan peduli dengan teman sejawat (bersifat inklusif) serta berkontribusi positif terhadap semua diskusi formal dan informal terkait dengan pekerjaan

0

1

2
3.Guru sering berinteraksi dengan peserta didik dan tidak membatasi perhatiannya hanya pada kelompok tertentu(misalnya : peserta didik yang pandai ,kaya berasal dari daerah yang sama dengan guru


0


1


2
Total skor untuk kompetensi 12
(27)
Skor maksimum kompetensi 12= jumlah indicator x 2
6                                                                             (28)
Persentase = (total skor/6) x 100%
(29)
Nilai untuk kompetensi I
(0% < x < 25% = 1 ; 25% < x < 50% = 2;
50% < x < 75% = 3 ; 75% < x < 100% = 4)
(30)






























Penilaian untuk kompetensi12:Komunikasi dengan semua guru, tenaga pendidikan, orang tua peserta didik, dan masyarakat

Indikator
Skor
Tidak ada bukti (tidak terpenuhi)
Terpenuhi sebagian
Seluruhnya terpenuhi
1. Guru menyampaikan informasi tentang kemajuan, kesulitan, dan potensi peserta didik kepada orang tuanya, baik dalam pertemuan formal maupun tidak formal antara guru dan orang tua, teman sejawat, dan dapat menunjukan buktinya.


0


1


2
2. Guru ikut berperan aktif dalam kegiatan di luar pembelajaran yang di selenggarakan oleh sekolah dan masyarakat dan dapat memberikan bukti keikutsertaannya.

0

1

2
3. Guru memperhatikan sekolah sebagai bagian dari masyarakat, berkomunikasi dengan masyarakat sekitar, serta berperan dalam kegiatan social di masyarakat.


0


1


2
Total skor untuk kompetensi 12
(27)
Skor maksimum kompetensi 12= jumlah indicator x 2
6                                                                                          (28)
Persentase = (total skor/6) x 100%
(29)
Nilai untuk kompetensi I
(0% < x < 25% = 1 ; 25% < x < 50% = 2;
50% < x < 75% = 3 ; 75% < x < 100% = 4)
(30)











Penilaian untuk kompetensi13: Penguasaan materi struktur dan pola piker ke ilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Indikator
Skor
Tidak ada bukti (tidak terpenuhi)
Terpenuhi sebagian
Seluruhnya terpenuhi
1. Guru melakukan pemetaan standard kompetensi dan kompetensi dasar untuk mata pelajaran yang diampunya,untuk mengidentifikasi materi pembelajaran yang dianggap sulit,melakukan perencanaan dan peleksanaan pembelajaran ,dan memperkirakan alokasi waktu yang diperlukan


0


1


2
2. Guru menyertakan informasi yang tepat dan mutakhir di dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran

0

1

2
3. Guru menyusun materi perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang berisi informasi yang tepat ,mutakhir dan yang membantu peerta didik untuk memahami konsep materi pembelajaran .


0


1


2
Total skor untuk kompetensi 12
(27)
Skor maksimum kompetensi 12= jumlah indicator x 2
6                                                                                          (28)
Persentase = (total skor/6) x 100%
(29)
Nilai untuk kompetensi I
(0% < x < 25% = 1 ; 25% < x < 50% = 2;
50% < x < 75% = 3 ; 75% < x < 100% = 4)
(30)





















Penilaian untuk kompetensi 14: Mengembangkan keprofesian melalui tindakan reflektif

Indikator
Skor
Tidak ada bukti (tidak terpenuhi)
Terpenuhi sebagian
Seluruhnya terpenuhi
1. Guru melakukan evaluasi diri secara spesifik, lengkap, dan di dukung dengan contoh pengalaman diri sendiri.

0

1

2
2. Guru memiliki jurnal pembelajaran, catatan masukan dari kolega atau hasil penilaian proses pembelajaran sebagai bukti yang menggambarkan kinerjanya.

0

1

2
3. Guru memanfaatkan bukti gambaran kinerjanya untuk mengembangkan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran selanjutnya dalam program pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB)


0


1


2
4. Guru dapat mengaplikasikan pengalaman PKB dalam perencanaan, pelaksanaan, penilaian pembelajaran dan tindak lanjutnya.

0

1

2
5. Guru melakukan penelitian, mengembangkan karya inovasi, mengikuti pengembangan ilmiah (misalnya: seminar, konferensi), dan aktif dalam melaksanakan PKB

0

1

2
6. Guru Dapat Memanfaatkan TIK dalam berkomunikasi dan pelaksanaan PKB.

0

1

2
Total skor untuk kompetensi 14
(27)
Skor maksimum kompetensi 14= jumlah indicator x 2
12                                                                                           (28)
Persentase = (total skor/12) x 100%
(29)
Nilai untuk kompetensi I
(0% < x < 25% = 1 ; 25% < x < 50% = 2;
50% < x < 75% = 3 ; 75% < x < 100% = 4)
(30)


1 komentar: