LEMBAR
PERNYATAAN KOMPETENSI, INDIKATOR DAN CARA MENILAI
PK GURU
KELAS / MATA PELAJARAN
Sumber
:
·
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional 16/2007 tentang standard kualifikasi
akademik dan kompetensi guru
·
BSNP versi 6.0 11/2008 kerangka indicator untuk pelaporan pencapaian
standard nasional pendidikan, standard kualifikasi akademik dan kompetensi guru
·
Permenegpan
dan RB 16/2009 tentang jabatan fungsional guru dan angka kreditnya
kompetensi
|
Cara
menilai
|
Pedagogik
|
|
|
Pengamatan
dan pemantauan
|
|
Pengamatan
|
|
Pengamatan
|
|
Pengamatan
|
|
Pengamatan
dan pemantauan
|
|
Pengamatan
|
|
Pengamatan
|
Kepribadian
|
|
|
Pengamatan
dan pemantauan
|
|
Pengamatan
dan pemantauan
|
|
Pengamatan
dan pemantauan
|
Sosial
|
|
|
Pengamatan
dan pemantauan
|
|
Pengamatan
|
Profesional
|
|
|
Pengamatan
|
|
Pengamatan
|
Keterangan
:
·
Pengamatan adalah
kegiatan untuk menilai kinerja guru melalui diskusi sebelum pengamatan,
pengamatan selama pelaksanaan proses pembelajaran dan diskusi setelah
pengamatan
·
Pemantauan adalah
kegiatan untuk menilai kinerja guru melalui pemeriksaan dokumen, wawancara
dengan guru yang dinilai dan atau wawancara dengan warga sekolah
Penilaian
untuk kompetensi 1: menguasai karakteristik peserta didik
|
|||
Indikator
|
skor
|
||
Tidak
ada bukti (tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi sebagian
|
Seluruhnya terpenuhi
|
|
|
0
|
1
|
2
|
|
0
|
1
|
2
|
|
0
|
1
|
2
|
|
0
|
1
|
2
|
|
0
|
1
|
2
|
|
0
|
1
|
2
|
Total skor untuk
kompetensi 1
|
(27)
|
||
Skor maksimum
kompetensi 1 = jumlah indicator x 2
|
12
(28)
|
||
Persentase =
(total skor/12) x 100
|
(29)
|
||
Nilai untuk
kompetensi I
(0% < x <
25% = 1 ; 25% < x < 50% = 2;
50% < x <
75% = 3 ; 75% < x < 100% = 4)
|
(30)
|
Penilaian
untuk kompetensi 2: Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran
yang mendidik
|
|||
Indikator
|
skor
|
||
Tidak
ada bukti (tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi sebagian
|
Seluruhnya terpenuhi
|
|
1.
Guru memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk menguasai materi pembelajaran sesuai
usia dan kemampuan belajarnya melalui pengaturan proses pembelajaran dan
aktifitas yang bervariasi
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru selalu memastikan
tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran tertentu dan
menyesuaikan aktifitas pembelajaran berikutnya berdasarkan tingkat pemahaman
tersebut
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru dapat menjelaskan
alas an pelaksanaan kegiatan/aktifitas yang dilakukannya, baik yang sesuai
maupun yang berbeda dengan rencana, terkait keberhasilan pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru
menggunakan berbagai teknik memotiviasi kemauan belajar peserta didik..
|
0
|
1
|
2
|
5.
Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang saling terkait
satu sama lain, dengan memperhatikan tujuan pembelajaran maupun proses
peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
6.
Guru memperhatikan respon
peserta didik yang belum/kurang memahami materi pembelajaran yang diajarkan
dan menggunakan untuk memperbaiki rancangan pembelajaran berikutnya.
|
0
|
1
|
2
|
Total
skor untuk kompetensi 2
|
(27)
|
||
Skor maksimum kompetensi 2 = jumlah indicator x 2
|
12
(28)
|
||
Persentase
= (total skor/12) x 100%
|
(29)
|
||
Nilai untuk
kompetensi I
(0% < x <
25% = 1 ; 25% < x < 50% = 2;
50% < x <
75% = 3 ; 75% < x < 100% = 4)
|
(30)
|
Penilaian
untuk kompetensi 3: Mengembangkan kurikulum
|
|||
Indikator
|
skor
|
||
Tidak
ada bukti (tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi sebagian
|
Seluruhnya terpenuhi
|
|
1. Guru dapat menyusun
silabus yang sesuai dengan kurikulum
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru merancang
rencana pembelajaran yang sesuai dengan silabus untuk membahas materi ajar
tertentu agar peserta didik dapat mencapai kompetensi dasar yang ditetapkan
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru mengikuti urutan
materi pembelajaran dengan memperhatikan tjuan pembelajaran
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru memilih materi
pembelajaran yang a) sesuai dengan tujuan pembelajaran, b) tepat dan
mutakhir, c) sesuai usia dan tingkat kemampuan belajar peserta didik, d)
dapat dilaksanakan dikelas, e) sesuai dengan konteks kehidupan sehari – hari
peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
Total
skor untuk kompetensi 3
|
(27)
|
||
Skor maksimum kompetensi 3 = jumlah indicator x 2
|
8 (28)
|
||
Persentase
= (total skor/8) x 100%
|
(29)
|
||
Nilai untuk
kompetensi I
(0% < x <
25% = 1 ; 25% < x < 50% = 2;
50% < x <
75% = 3 ; 75% < x < 100% = 4)
|
(30)
|
Penilaian
untuk kompetensi 4: Kegiatan pembelajaran yang mendidik
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak
ada bukti (tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi sebagian
|
Terpenuhi seluruhnya
|
|
1.Guru
melaksanakan aktivitas pembelajaran sesuai dengan rancangan yang telah di
susun secara lengkap dan pelaksanaan aktivitas tersebut mengindikasikan bahwa
guru mengerti tentang tujuannya.
|
0
|
1
|
1
|
2.Guru
melaksanakan aktivitas pembelajaran yang bertujuan untuk membantu proses
belajar peserta didik, bukan untuk menguji sehingga membuat peserta didik
merasa tertekan.
|
0
|
1
|
2
|
3.Guru
mengomunikasikan informasi baru (misalnya materi tambahan) sesuai usia dan
tingkat kemampuan peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
4.Guru
menyikapi kesalahan yang dilakukan peserta didik sebagai tahapan proses
pembelajaran, bukan semata mata kesalahan yang harus dikoreksi. Misalnya:
dengan mengetahui terlebih dahulu peserta didik lain yang setuju atau tidak
setuju dengan jawaban tersebut, sebelum memberikan penjelasan tentang jawaban
yang benar.
|
0
|
1
|
2
|
5.Guru
melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai isi kurikulum dan mengkaitkannya
dengan konteks kehidupan sehari-hari peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
6.Guru
melakukan aktivitas pembelajaran secara bervariasi dengan waktu yang cukup
untuk kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan
belajar dan mempertahankan perhatian peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
7.Guru
mengelola kelas dengan efektif tanpa mendominasi atau sibuk dengan
kegiatannya sendiri agar semua waktupeserta dapat termanfaatkan secara
produktif.
|
0
|
1
|
2
|
8.Guru
mampu menyesuaikan aktifitas pembelajaran yang dirancang dengan kondisi
kelas.
|
0
|
1
|
2
|
9.Guru
banyak memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya,
mempraktekkan dan berinteraksi dengan peserta didik lain.
|
0
|
1
|
2
|
10.
Guru mengatur pelaksanaan aktivitas pembelajaran secara sistematis untuk
membantu proses belajar peserta didik. Sebagai contoh: guru menambah
informasi setelah mengevaluasi pemahaman peserta didik terhadap materi
sebelumnya.
|
0
|
1
|
2
|
11.Guru
menggunakan alat Bantu mengajar, dan/atau audio visual (termasuk TIK) untuk
meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mencapai tujuan
pembelajaran
|
0
|
1
|
2
|
Total skor untuk
kompetensi 4
|
(27)
|
||
Skor maksimum
kompetensi 4 = jumlah indicator x 2
|
22 (28)
|
||
Persentase =
(total skor/22) x 100%
|
(29)
|
||
Penilaian untuk
kompetensi 5: Memahami dan mengembangkan potensi
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak
ada bukti (tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi sebagian
|
Seluruhnya terpenuhi
|
|
1.Guru menganalisasi hasil belajar
berdasarkan segala bentuk penilaian terhadap setiap peserta didik untuk
mengetahui tingkat kemajuan masing masing
|
0
|
1
|
2
|
2.Guru merancang dan melaksanakan
aktivitas pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk belajar sesuai
kecakapan dan pola belajar masing – masing
|
0
|
1
|
2
|
3.Guru merancang dan melaksanakan
aktivitas pembelajaran untuk memunculkan daya kreatifitas dan kemampuan
berfikir kritis peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru secara aktif membantu
peserta didik dalam proses pembelajaran dengan memberikan perhatian kepada
setiap individu.
|
0
|
1
|
2
|
5.Guru dapat mengidentifikasi dengan benar tentang bakat, minat, potensi,
dan kesulitan belajar masing-masing peserta didik
|
0
|
1
|
2
|
6. Guru memberikan kesempatan belajar kepada peserta didik sesuai dengan
cara belajarnya masing-masing
|
0
|
1
|
2
|
7. Guru memusatkan
perhatian pada interaksi dengan peserta didik dan mendorongnya untuk memahami
dan menggunakan informasi yang disampaikan
|
0
|
1
|
2
|
Total
skor untuk kompetensi 5
|
(27)
|
||
Skor maksimum kompetensi 5 = jumlah indicator x 2
|
12 (28)
|
||
Persentase
= (total skor/14) x 100%
|
(29)
|
||
Nilai untuk
kompetensi I
(0% < x <
25% = 1 ; 25% < x < 50% = 2;
50% < x <
75% = 3 ; 75% < x < 100% = 4)
|
(30)
|
Penilaian untuk
kompetensi 6: Komunikasi dengan peserta didik
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak
ada bukti (tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi sebagian
|
Seluruhnya terpenuhi
|
|
1. Guru menggunakan
pertanyaan untuk mengetahui pemahaman dan menjaga partisipasi peserta didik,
termasuk memberikan pertanyaan terbuka yang menuntut peserta didik untuk
menjawab dengan ide dan pengetahuan mereka.
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru memberikan
perhatian dan mendengarkan semua pertanyaan dan tanggapan peserta didik,
tanpa menginterupsi, kecuali jika diperlukan untuk membantu atau
mengklarifikasi pertanyaan/tanggapan tersebut.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru menanggapinya
pertanyaan peserta didik secara tepat, benar, dan mutakhir, sesuai tujuan pembelajaran
dan isi kurikulum, tanpa mempermalukan.
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru menyajikan
kegiatan pembelajaran yang dapat menumbuhkan kerja sama yang baik antar
peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
5. Guru mendengarkan dan
memberikan perhatian terhadap semua jawaban peserta didik baik yang benar
maupun yang di anggap salah untuk mengukur tingkat pemahaman peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
6. Guru memberikan
perhatian terhadap pertanyaan peserta didik dan meresponnya secara lengkap
dan relevan untuk menghilangkan kebingungan pada peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
Total
skor untuk kompetensi 6
|
(27)
|
||
Skor maksimum kompetensi 6 = jumlah indicator x 2
|
12 (28)
|
||
Persentase
= (total skor/12) x 100
|
(29)
|
||
Nilai untuk
kompetensi I
(0% < x <
25% = 1 ; 25% < x < 50% = 2;
50% < x <
75% = 3 ; 75% < x < 100% = 4)
|
(30)
|
Penilaian
untuk kompetensi 7: Penilaian dan Evaluasi
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak
ada bukti (tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi sebagian
|
Seluruhnya terpenuhi
|
|
1. Guru menyusun alat
penilaian yang sesuai dengan tujuan pembelajaran untuk mencapai kompetensi
tertentu seperti yang tertulis dalam RPP
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru melaksanakan
penilaian dengan berbagai teknik dan jenis penilaian, selain penilaian formal
yang dilaksanakan sekolah, dan mengumumkan hasil serta implikasinya kepada
peserta didik, tentang tingkat pemahaman terhadap materi pembelajaran yang
telah dan akan di pelajari.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru menganalisis
hasil penilaian untuk mengidentifikasi topic/kompetensi dasar yang sulit
sehingga di ketahui kekuatan dan kelemahan masing-masing peserta didik untuk
keperluan remedial dan pengayaan.
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru memanfaatkan
masukan dari peserta didik dan merefleksikannya untuk meningkatkan
pembelajaran selanjutnya, dan dapat membuktikannya melalui catatan jurnal
pembelajaran, rancangan pembelajaran, materi tambahan, dan sebagainya.
|
0
|
1
|
2
|
5. Guru memanfaatkan
penilaian sebagai bahan penyusunan rancangan pembelajaran yang akan dilakukan
selanjutnya.
|
0
|
1
|
2
|
Total
skor untuk kompetensi 7
|
(27)
|
||
Skor maksimum kompetensi 7 = jumlah indicator x 2
|
10 (28)
|
||
Persentase
= (total skor/10) x 100%
|
(29)
|
||
Nilai untuk
kompetensi I
(0% < x <
25% = 1 ; 25% < x < 50% = 2;
50% < x <
75% = 3 ; 75% < x < 100% = 4)
|
(30)
|
KEPRIBADIAN
Penilaian
untuk kompetensi 8: Bertindak sesuai dengan norma agama, hokum social dan
kebudayaan nasional Indonesia
|
|||
Indikator
|
skor
|
||
Tidak ada bukti (tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|
1. Guru menghargai dam
mempromosikan prinsip-prinsip pancasila sebagai dasar ideology dan etikabagi
semua warga Indonesia.
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru mengembangkan
kerja sama dan membina kebersamaan dengan teman sejawat tanpa memperhatikan
perbedaan yang ada (isalnya: suku, agama, dan gender)
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru saling
menghormati dan menghargai teman sejawat sesuai dengan kondisi dan keberadaan
masing-masing
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru memiliki rasa
persatuan dan kesatuan sebagai bangsa indonesia
|
0
|
1
|
2
|
5. Guru mempunyai
pandangan yang luas tentang keberagaman bangsa Indonesia (misalnya: budaya, suku,
agama)
|
0
|
1
|
2
|
Total
skor untuk kompetensi 8
|
(27)
|
||
Skor maksimum kompetensi 8 = jumlah indicator x 2
|
10 (28)
|
||
Persentase
= (total skor/10) x 100
|
(29)
|
||
Nilai untuk
kompetensi I
(0% < x <
25% = 1 ; 25% < x < 50% = 2;
50% < x < 75%
= 3 ; 75% < x < 100% = 4)
|
(30)
|
Penilaian untuk
kompetensi 9: menunjukan pribadi yang dewasa teladan
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak
ada bukti (tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi sebagian
|
Seluruhnya terpenuhi
|
|
1.Guru bertingkahlaku
sopan dalam berbicara, berpenampilan, dan berbuat terhadap semua peserta
didik orang tua, dan teman sejawat.
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru mau membagi
pengalamannya dengan teman sejawat, termasuk mengundang mereka untuk
mengobservasi cara mengajarnya dan memberikan masukan.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru mampu mengelola
pembelajaran yang membuktikan bahwa guru di hormati oleh peserta didik,
sehingga semua peserta didik selalu memperhatikan guru dan berpartisivasi
aktif dalam proses pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru bersikap dewasa
dalam menerima masukan dari peserta didik untuk berpartisipasi dalam proses
pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
5. Guru
berperilaku baik untuk mencitrakan nama baik sekolah
|
0
|
1
|
2
|
Total
skor untuk kompetensi 9
|
(27)
|
||
Skor maksimum kompetensi 9 = jumlah indicator x 2
|
10 (28)
|
||
Persentase
= (total skor/10) x 100%
|
(29)
|
||
Nilai untuk
kompetensi I
(0% < x <
25% = 1 ; 25% < x < 50% = 2;
50% < x <
75% = 3 ; 75% < x < 100% = 4)
|
(30)
|
Penilaian
untuk kompetensi 10: Etos, kerja, tanggung jawab yang tinggi, dan rasa bangga
menjadi guru
|
|||
indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada bukti (tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Terpenuhi
seluruhnya
|
|
1. Guru mengawali dan
mengakhiri pembelajaran dengan tepat waktu
|
0
|
1
|
2
|
2. Jika guru harus
meninggalkan kelas, guru mengaktifkan siswa dengan melakukan hal-hal
produktif terkait dengan mata pelajaran, dan meminta guru piket atau guru
lain untuk mengawasi kelas.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru memenuhi jam
mengajar dan dapat melakukan semua kegiatan lain di luar jam mengajar
berdasarkan ijin dan persetujuan pengelola sekolah.
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru meminta ijin dan
memberi tahu lebih awal, dengan memberikan alas an dan bukti yang sah jika
tidak menghadiri kegiatan yang telah di rencanakan, termasuk proses
pembelajaran di kelas.
|
0
|
1
|
2
|
5. Guru menyelesaikan
semua tugas administrative dan non pembelajaran dengan tepat waktu sesuai
standard yang di tetapkan.
|
0
|
1
|
2
|
6. Guru memanfaatkan
waktu luang selain mengajar untuk kegiatan yang produktif terkait dengan
tugasnya.
|
0
|
1
|
2
|
7. Guru memberikan
kontribusi terhadap pengembangan sekolah dan mempunyai prestasi yang
berdampak positif terhadap nama baik sekolah.
|
0
|
1
|
2
|
8. Guru merasa bangga dengan profesinya sebagai guru.
|
0
|
1
|
2
|
Total
skor untuk kompetensi 10
|
(27)
|
||
Skor maksimum kompetensi 10= jumlah indicator x 2
|
16 (28)
|
||
Persentase
= (total skor/16) x 100%
|
(29)
|
||
Nilai untuk
kompetensi I
(0% < x <
25% = 1 ; 25% < x < 50% = 2;
50% < x <
75% = 3 ; 75% < x < 100% = 4)
|
(30)
|
Penilaian
untuk kompetensi11: Bersikap
inklusip,bertindak obyektif,serta tidak diskriminatif
|
|||
Indikator
|
skor
|
||
Tidak ada
bukti (tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi sebagian
|
Seluruhnya terpenuhi
|
|
1.Guru memperlakukan semua peserta
didik secara adil,memberikan perhatian dan bantuan sesuai kebutuhan
masing-masing ,tanpa memperdulikan faktor
personal
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru menjaga hubungan baik dan
peduli dengan teman sejawat (bersifat inklusif) serta berkontribusi positif
terhadap semua diskusi formal dan informal terkait dengan pekerjaan
|
0
|
1
|
2
|
3.Guru sering berinteraksi dengan
peserta didik dan tidak membatasi perhatiannya hanya pada kelompok
tertentu(misalnya : peserta didik yang pandai ,kaya berasal dari daerah yang
sama dengan guru
|
0
|
1
|
2
|
Total
skor untuk kompetensi 12
|
(27)
|
||
Skor maksimum kompetensi 12= jumlah indicator x 2
|
6 (28)
|
||
Persentase
= (total skor/6) x 100%
|
(29)
|
||
Nilai untuk
kompetensi I
(0% < x <
25% = 1 ; 25% < x < 50% = 2;
50% < x <
75% = 3 ; 75% < x < 100% = 4)
|
(30)
|
Penilaian untuk
kompetensi12:Komunikasi dengan semua guru, tenaga pendidikan, orang tua
peserta didik, dan masyarakat
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada
bukti (tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi sebagian
|
Seluruhnya terpenuhi
|
|
1. Guru menyampaikan
informasi tentang kemajuan, kesulitan, dan potensi peserta didik kepada orang
tuanya, baik dalam pertemuan formal maupun tidak formal antara guru dan orang
tua, teman sejawat, dan dapat menunjukan buktinya.
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru ikut berperan
aktif dalam kegiatan di luar pembelajaran yang di selenggarakan oleh sekolah
dan masyarakat dan dapat memberikan bukti keikutsertaannya.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru memperhatikan
sekolah sebagai bagian dari masyarakat, berkomunikasi dengan masyarakat
sekitar, serta berperan dalam kegiatan social di masyarakat.
|
0
|
1
|
2
|
Total
skor untuk kompetensi 12
|
(27)
|
||
Skor maksimum kompetensi 12= jumlah indicator x 2
|
6 (28)
|
||
Persentase
= (total skor/6) x 100%
|
(29)
|
||
Nilai untuk
kompetensi I
(0% < x <
25% = 1 ; 25% < x < 50% = 2;
50% < x <
75% = 3 ; 75% < x < 100% = 4)
|
(30)
|
Penilaian untuk
kompetensi13: Penguasaan materi struktur dan pola piker ke ilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada
bukti (tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi sebagian
|
Seluruhnya terpenuhi
|
|
1. Guru melakukan
pemetaan standard kompetensi dan kompetensi dasar untuk mata pelajaran yang
diampunya,untuk mengidentifikasi materi pembelajaran yang dianggap
sulit,melakukan perencanaan dan peleksanaan pembelajaran ,dan memperkirakan
alokasi waktu yang diperlukan
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru menyertakan
informasi yang tepat dan mutakhir di dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru menyusun materi
perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang berisi informasi yang tepat
,mutakhir dan yang membantu peerta didik untuk memahami konsep materi
pembelajaran .
|
0
|
1
|
2
|
Total
skor untuk kompetensi 12
|
(27)
|
||
Skor maksimum kompetensi 12= jumlah indicator x 2
|
6 (28)
|
||
Persentase
= (total skor/6) x 100%
|
(29)
|
||
Nilai untuk
kompetensi I
(0% < x <
25% = 1 ; 25% < x < 50% = 2;
50% < x <
75% = 3 ; 75% < x < 100% = 4)
|
(30)
|
Penilaian untuk kompetensi 14: Mengembangkan
keprofesian melalui tindakan reflektif
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada bukti (tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|
1. Guru melakukan
evaluasi diri secara spesifik, lengkap, dan di dukung dengan contoh
pengalaman diri sendiri.
|
0
|
1
|
2
|
2. Guru memiliki jurnal
pembelajaran, catatan masukan dari kolega atau hasil penilaian proses
pembelajaran sebagai bukti yang menggambarkan kinerjanya.
|
0
|
1
|
2
|
3. Guru memanfaatkan
bukti gambaran kinerjanya untuk mengembangkan perencanaan dan pelaksanaan
pembelajaran selanjutnya dalam program pengembangan keprofesian berkelanjutan
(PKB)
|
0
|
1
|
2
|
4. Guru dapat
mengaplikasikan pengalaman PKB dalam perencanaan, pelaksanaan, penilaian
pembelajaran dan tindak lanjutnya.
|
0
|
1
|
2
|
5. Guru melakukan
penelitian, mengembangkan karya inovasi, mengikuti pengembangan ilmiah
(misalnya: seminar, konferensi), dan aktif dalam melaksanakan PKB
|
0
|
1
|
2
|
6. Guru Dapat
Memanfaatkan TIK dalam berkomunikasi dan pelaksanaan PKB.
|
0
|
1
|
2
|
Total
skor untuk kompetensi 14
|
(27)
|
||
Skor maksimum kompetensi 14= jumlah indicator x 2
|
12 (28)
|
||
Persentase
= (total skor/12) x 100%
|
(29)
|
||
Nilai untuk
kompetensi I
(0% < x <
25% = 1 ; 25% < x < 50% = 2;
50% < x <
75% = 3 ; 75% < x < 100% = 4)
|
(30)
|
kapan mulai dilaksanakan?
BalasHapus